Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjawab soal TOEFL Listening Part A dengan Mudah (PBT)

Tips Menjawab soal TOEFL Listening Part A dengan Mudah

Tips Menjawab soal TOEFL Listening Part A dengan Mudah (PBT)

Kemarin Anda telah belajar tentang Tips Mengerjakan Soal TOEFL dengan Mudah secara umum, baik itu Part A, Part Bdan untuk Part C pada sesi listening TOEFLPada Tulisan kali ini Anda akan mengetahui beberapa tips dalam menjawab soal TOEFL Listening Part A dengan mudah (PBT).

Pada sesi Listening TOEFL Part A, Anda akan menemui 30 soal (1 soal/percakapan). Untuk setiap 30 soal pada sesi Listening part A tes TOEFL, Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang pembicara (speaker) diikuti dengan satu soal. Setelah mendengar percakapan (conversation) beserta soal, Anda harus  memilih pilihan jawaban yang tersedia di buku tes Anda dengan benar. Conversation beserta soal tidak tertulis di buku tes, Anda hanya akan melihat pilihan jawaban yang dicantumkan di buku tes.

Example:
Dalam recording, Anda mendengar:

(man)             I've always wanted to visit Hawaii with you.
(Woman)       Why not next month?
(narrator)      What does the woman mean?

Di buku tes Anda, Anda melihat:
(A) Next month isn't good time for the trip.
(B) She doesn't want to go to Hawaii.
(C) She's curious about why he doesn't want to go

Jawaban (C) adalah jawaban yang paling tepat. Kalimat Why not next month? merupakan bentuk kalimat suggestion (saran) untuk melakukan trip mengunjungi Hawaii bulan depan. Kata 'Why not' merupakan salah satu bentuk expressions of suggestions (ungkapan memberi saran).

Di bawah ini Ada beberapa strategi dalam menghadapi TOEFL Listening Part A:

  1. Ketika Anda mendengar setiap conversation, fokuslah ke baris ke dua dari percakapan yang Anda dengarkan. Jawaban dari pertanyaan umumnya ditemukan di baris yang ke dua.
  2. Anda harus menyadari bahwa jawaban yang benar biasanya merupakan restatement (pernyataan ulang) dari kata kunci atau ide yang terdapat di baris kedua pada percakapan.
  3. Anda harus menyadari bahwa beberapa expression (ungkapan) dan bentuk structure tertentu diujikan secara reguler dalam tes Listening Part A.
  4. Anda harus menyadari bahwa bentuk pertanyaan umumnya dari mudah ke sulit. Hal ini berarti pertanyaan no 1-5 akan menjadi petanyaan termudah, dan pertanyaan 26-30 akan menjadi tersulit.
  5. Anda harus membaca pilihan jawaban dengan teliti dan pilihlah jawaban yang paling tepat. Jangan pernah kosongkan jawaban Anda, walau Anda tidak yakin akan pilihan Anda karena nilai Anda tidak akan diberi minus walaupun salah dalam soal TOEFL.
  6. Walaupun Anda tidak mengerti maksud dari percakapan secara utuh, Anda tetap bisa mendapatkan jawaban yang tepat.

    a.  Jika Anda hanya mendengar atau menangkap baris ke dua dari conversation, pilihlah jawaban
    yang berisi sebuah pernyataan ulang (restatement) dari kata atau ide baris ke dua tersebut. Bukan yang bunyinya atau penyebutan katanya mirip.
    b. Jika Anda tidak mengerti sama sekali, pilihlah jawaban yang kedengarannya atau penyebutan katanya paling berbeda dari yang Anda dengar.
    c. Jangan pernah memilih jawaban yang karena kedengaran bunyinya sama dengan yang Anda  engar dari percakapan.
Referensi Utama: Longman Preparation Course for the TOEFL Test

Post a Comment for "Tips Menjawab soal TOEFL Listening Part A dengan Mudah (PBT)"