Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Thursday, July 4, 2013

7 Tips Menjawab Soal Reading TOEFL dengan Baik

7 Tips Menjawab Soal Reading TOEFL dengan Baik

7 Tips Menjawab Soal Reading TOEFL dengan Baik

Section 3 dalam tes TOEFL (PBT) yaitu reading comprehension. Section ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kemampuan Anda dalam memahami teks bacaan berbahasa Inggris. Setidaknya Anda akan menemui 5 bacaan diikuti dengan 10 pertanyaan untuk setiap teks reading. Itu berarti akan ada 50 soal yang mesti Anda kerjakan. Dalam waktu 50 menit ke 50 soal itu mesti Anda tuntaskan dengan baik untuk skor TOEFL yang tinggi sesuai keinginan Anda. Tak ada gambar, diagram, atau alat bantu visual lainnya dalam reading TOEFL (PBT) akan Anda temui pada tes sebenarnya.

Topik dalam bacaan TOEFL yang Anda akan hadapi umunya berkaitan dengan mata pekuliahan pada universitas Amerika. Misal saja Sejarah, Sastra, Seni, Arsitektur, Geologi, Biologi, Kesehatan, Astronomi, Geografi, dan subjek yang lainnya.

Permasalahan yang biasa dihadapi oleh peserta tes TOEFL dalam sesi reading comprehension terkait batasan waktu yang tersedia. Tak sedikit peserta tes yang tidak mampu menyelesaikan ke 50 soal itu dengan tepat waktu. Olehnya perlu kiranya jika Anda mempelajari tips dan trik taktis yang dapat membantu Anda dalam persoalan ini.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menambah referensi terkait strategi dalam menjawab soal reading TOEFL, dalam tulisan ini telah kami rangkum 7 tips menjawab soal reading TOEFL dengan baik yang bisa Anda terapkan.

1. Jangan terlalu lama membaca bacaan

Dengan batasan waktu yang singkat, Anda tidak perlu membaca teks secara mendalam. Pertanyaan yang ditanyakan umumnya bisa Anda jawab tanpa harus membaca bacaan secara rinci. Anda bisa meluangkan waktu Anda 1 atau 2 menit untuk membaca kalimat pertama pada setiap paragraf untuk pemahaman ide pokok. Dengan memahami ide pokok, Anda sudah mendapatkan gambaran sekilas tentang informasi yang disampaikan.

2. Perhatikan ke 10 soal itu dan rekam kata-kata kuncinya

Setelah Anda mengetahui ide pokok dari teks bacaan, Anda mesti membaca ke 10 soal untuk bacaan tersebut. Rekamlah kata-kata kunci pada setiap soal itu agar Anda bisa mencari letak-letak kata kunci pada bacaan dalam satu tempo. Ini dapat menghemat waktu Anda untuk tidak melihat bacaan / mencari kata kunci pada bacaan untuk setiap soal dari ke 10 soal itu.

3. Jangan panik jika berjumpa dengan topik bacaan yang asing bagi Anda

Soal dalam tes TOEFL dikerjakan dengan profesional oleh para ahli. Pertanyaan yang diberikan tidak akan keluar dari bacaan. Apapun latar belakang Anda, Anda tetap bisa saja menjawab soal dengan baik tanpa ada prior knowledge terhadap topik bacaan.

4. Pelajari cara mendapatkan ide pokok dengan cepat

Dalam tes TOEFL bisa dipastikan pertanyaan terkait ide pokok (main idea) selalu dipertanyakan. Strategi yang Anda bisa terapkan yaitu dengan membaca kalimat awal dan akhir pada setiap paragraf. Umumnya cukup hanya dengan membaca kalimat awal pada setiap paragraf ide pokok sudah bisa didapatkan.

5. Pahami konteks untuk pertanyaan kosakata

Pemahaman Anda terhadap kosakata dalam bacaan akan diujikan. Dalam menjawab soal semacam ini Anda tidak boleh gegabah. Mengetahu arti dari kosakata / vocabulary yang dipertanyakan tidak seharusnya langsung membuat Anda menmilih jawaban tanpa melihat konteks kalimat terkait kosakata itu. Ingat akan banyaknya arti satu kata dalam bahasa Inggris.

6. Gunakan metode scanning

Untuk menemukan informasi yang diepertanyakan dalam soal sebaiknya Anda menggunakan metode scanning mengingat waktu yang terbatas. Baca semua pertanyaan sekaligus dan ingat kata-kata kunci yang dipertanyakan. Kemudian baca secara cepat dengan scanning untuk menemukan kata-kata kunci dalam bacaan. Hal ini dapat menghemat waktu Anda untuk tidak bolak-balik mencari kata kuci pada bacaan untuk setiap soal karena biasanya urutan nomor soal dipertanyakan tidak sesuai urutan bacaan.

7.Fokus

Konsentrasi Anda dalam tes TOEFL sangat menentukan. Dalam sesi reading comprehension sendiri, sering ditemukan peserta tes lupa ide paragraf pertama ketika peserta itu telah berpindah ke paragraf ke dua. Akibatnya paragraf pertama harus dibaca ulang.

Akhir kata -berdasarkan pengalaman penulis- silahkan persiapkan kesehatan fisik & mental Anda sebelum mengikuti ujian TOEFL. Anda bisa beristirahat yang cukup pada malam harinya untuk tes TOEFL yang baik pada esok harinya. Sebagian pelajar butuh refreshing semalam sebelum hari tes. Olehnya Anda mesti mempersiapkan diri Anda jauh sebelum hari untuk tes TOEFL Anda dan memanfaatkan satu dua hari sebelum hari tes untuk mereview semua skill yang diperlukan dalam tes TOEFL.

Referensi utama: 34 Kunci Sukses Menaklukkan TOEFL

Don't Miss



1 comments:

Coklat said...

woke dah, bisa ini di coba. semoga sukses dah

Post a Comment