Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Paper Based

Strategi dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Paper Based

Strategi dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Paper Based
Strategi dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Paper Based
Menjawab soal dalam tes TOEFL dengan baik tentu saja merupakan keinginan setiap pelajar bahasa Inggris yang disyaratkan mempunyai skor TOEFL yang tinggi, baik untuk lanjut studi ke jenjang lebih tinggi, masuk kerja di suatu perusahaan, pengajuan lamaran beasiswa, bahkan pengajuan studi ke luar negeri. Olehnya tak henti-hentinya para pelajar seperti ini terus mencari dan menambah referensi bagaimana mereka bisa sukses di  hari ujian nantinya. Tulisan ini memberikan Anda beberapa strategi dan tips mengerjakan soal TOEFL paper based. Paper based yang kami maksud di sini yaitu tes TOEFL ITP (Instutional Testing Program) yang lazim digunakan di Indonesia.

Practice Anda Adalah Kunci Utama

Gunakan Bahasa Inggris Setiap Hari

Sisihkan waktu Anda setiap hari untuk berkomunikasi hanya dalam bahasa Inggris. Mendengarkan, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris setiap kesempatan yang Anda dapatkan.

Menulis (Writing)

Buatlah catatan untuk diri Anda sendiri dan tulislah pengingat harian dengan menggunakan kata-kata baru dan ekspresi umum. Praktek dengan email jika Anda bisa. Ini membantu struktur kalimat dan kosa kata bahasa Inggris Anda.

Mendengarkan (Listening)

Dengarkan musik, radio, televisi, film dan siaran secara online (jika tersedia) dalam bahasa Inggris. Semakin Anda mendengarkan, semakin Anda akan memahami kosakata dan ekspresi. Musik membantu Anda mendapatkan ritme dan tekanan pola berbicara bahasa Inggris. Dengarkan dengan baik setiap kata yang disebutkan.

Membaca (Reading)

Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosa kata Anda. Bahan bacaan bahasa Inggris - koran, majalah, buku dan situs - selalu tersedia. Pilih favorit Anda! Cobalah beberapa bahan bacaan akademis untuk mempersiapkan berkomunikasi di tingkat universitas dalam bahasa Inggris.

Buatlah Catatan

Tuliskan hal-hal yang Anda lakukan untuk mempersiapkan kuliah dan acara lainnya dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan menggunakan bahasa Inggris. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mengorganisir ide-ide dan melatih writing Anda dalam bahasa Inggris. Anda tentu saja dengan cara seperti ini dapat mengetahui kemajuan bahasa Inggris Anda. Bacalah untuk diri Anda sendiri dan bacalah dengan suara yang keras.

Tips pada Hari Ujian


  • Perhatikan petunjuk soal dengan baik.
  • Tenang dan berkonsentrasilah pada buku soal di hadapan Anda.
  • Jangan terlalu terburu-buru sehingga jawaban Anda banyak yang keliru.


Cara Menjawab dalam tes TOEFL


  • Gunakan hanya pensil 2B.
  • Tandai satu jawaban untuk setiap pertanyaan.
  • Perhatikan no. lembar jawaban Anda. Kadang pelajar mengisi no. 15 pada lembar jawaban sementara no. soal yang dimaksud adalah no. 14. Hindari kekeliruan seperti ini.
  • Isilah bulatan dengan jawaban yang benar. Jika Anda mengganti jawaban Anda, pastikan Anda menghapus jawaban awal dengan baik.
  • Hindari coretan yang tidak perlu pada lembar jawaban Anda. 
  • Review setiap jawaban Anda. Anda tidak akan lagi diperkenankan mengoreksi setelah waktu ujian berakhir.


Contoh Cara Menjawab Soal TOEFL

Lembar jawaban untuk TOEFL Paper based Tes dapat berupa horizontal atau vertikal. Contoh di bawah ini menunjukkan cara yang benar dan cara yang salah dalam mengisi lembar jawaban.




Contoh lembar Jawaban tes TOEFL

Referensi Utama: Situs resmi ETS - Penyedia tes TOEFL.

Post a Comment for "Strategi dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Paper Based"