Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Sebelum dan Ketika Tes TOEFL

Persiapan Sebelum dan Ketika Tes TOEFL

Persiapan Sebelum dan Ketika Tes TOEFL
Persiapan Sebelum dan Ketika Tes TOEFL
Soal dalam tes TOEFL ITP tidak berdasarkan materi dari kursus bahasa Inggris tertentu tetapi lebih pada kemahiran bahasa Inggris Anda secara keseluruhan dalam penggunaan bahasa Inggris. Peningkatan terhadap kemampuan Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dengan baik tentu saja cukup memakan waktu dan umumnya dicapai melalui kombinasi dari praktek (latihan) dan studi. Dalam tulisan ini paling tidak memberikan beberapa strategi bagi Anda terkait persiapan sebelum dan ketika tes TOEFL.

Sebelum Test

Sebelum test Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi tes dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda:

  • Menjadi akrab dengan format tes dan tahu bagaimana menandai jawaban Anda pada lembar jawaban. Anda kemudian dapat memusatkan perhatian Anda pada pertanyaan tes sendiri. Perhatikanlah dengan baik terkait petunjuk-petunjuk pengerjaan soal, contoh soal, dan contoh lembar jawaban.
  • Akrabkan diri Anda dengan penggunaan bahasa Inggris sesering mungkin dan berbagai cara. Misal saja dengan membaca buku teks atau bahan lain yang mencakup berbagai bidang studi (misalnya, ilmu, ilmu sosial, seni, bisnis) dan ditulis dalam gaya akademis. Menonton film dan televisi dan mendengarkan radio juga memberikan Anda peluang yang sangat baik dalam membangun keterampilan listening Anda.
  • Pelajarilah buku-buku TOEFL yang khusus terkait TOEFL paper based (ITP). Selalulah untuk melalkukan practice mengerjakan soal-soal TOEFL. Pelajari berbagai tipstrik mengerjakan soal TOEFL.

Selama Test 

Ketika tes berlangsung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
  • Bekerjalah dengan cepat dan hati-hati. 
  • Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak pada satu pertanyaan.
  • Tandai jawaban Anda pada lembar jawaban Anda dan tidak dalam buku tes (tidak diijinkan). 
  • Tandai hanya satu jawaban untuk setiap pertanyaan. Jika Anda menandai lebih dari satu jawaban, pertanyaan itu akan dihitung sebagai jawaban yang salah-walaupun jika salah satu jawaban Anda tandai benar. 
  • Anda boleh menebak. TOEFL test tidak mengenal yang namanya penguranagn nilai. Jaid, jawaban salah tidak akan menimbulkan pengurangan atau minus pada skor TOEFL Anda.
  • Cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan dengan kemampuan terbaik Anda.
  • Perhatikan durasi waktu degan baik pada sesi terakhir tes Anda -sesi reading comprehension. Dalam bagian Reading Anda harus mempercepat cara Anda menjawab soal. Tinggalkanlah soal yang Anda anggap sulit dan kembalilah setelah Anda menajwab soal-soal mudah lainnya.
  • Anda tidak diperbolehkan membuat catatan (mencatat/mencakar) dalam ujian TOEFL.
Referensi utama: Test Taker Handbook by ETS (Educational Testing Service).

Post a Comment for "Persiapan Sebelum dan Ketika Tes TOEFL"