Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Monday, July 15, 2013

5 Tips Meningkatkan skor TOEFL Anda!

5 Tips Meningkatkan skor TOEFL Anda!

5 Tips Meningkatkan skor TOEFL Anda!
5 Tips Meningkatkan skor TOEFL Anda! 
Semua bentuk tes tentu saja sebuah tantangan bagi semua peserta ujian. Tes TOEFL tidak terkecuali. Ada beberapa hal yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai TOEFL ITP (paper based) Anda. 5 tips meningkatkan skor TOEFL Anda yang sedang Anda baca  di bawah ini bersumber dari situs Auburn University at Montgomery (AUM) ESL.

1. Ketahuilah bentuk tes dengan baik- Sangat penting untuk membiasakan diri Anda dengan semua instruksi pada setiap sesi tes. TOEFL adalah tes yang mempunyai batas waktu tertentu, sehingga tentu saja Anda tidak ingin membuang waktu Anda hanya dengan membaca petunjuk-petunjuk dan aturan-aturan tes yang ada pada buku ujian TOEFL Anda di hari ujian nantinya. Anda harus mengambil tes latihan awal dan ini tentu saja membantu Anda menjadi benar-benar yakin akan bentuk petunjuk soal dan gaya pertanyaan.

2. Dengarkan makna dari percakapan - Pada bagian listening, jangan fokus pada kata-kata atau frase pada pilihan jawaban yang terdengar mirip dengan apa yang dikatakan pada rekaman audio. TOEFL akan mencoba membingungkan Anda dengan pilihan jawaban yang mepunyai pengucapan mirip atau kata yang sama tapi beda makna kalimat. Anda harus mendengarkan setiap bagian dengan baik dan mencoba untuk memahami arti dari apa yang masing-masing pembicara katakan. Bagian utama pada sesi listening yaitu listening part A yang memuat 30 percakapan singkat dan diikuti satu soal tiapnya. Jawaban pada soal seperti ini sering ditemukan pada pembicara ke dua. Olehnya jangan khawatir jika Anda terlewat akan pembicara pertama karena Anda masih mempunyai peluang menjawab dengan benar hanya dengan memahami ide dari pembicara ke dua.

3. Carilah kesalahan dalam pilihan jawaban - Sesi ke dua pada tes TOEFL -Structure and Written Expression- mensyaratkan Anda untuk menemukan kesalahan dalam soal. Pilihan jawaban sering memiliki satu atau dua pilihan yang sangat jelas salah. Anda mungkin dapat mengeliminasi jawaban ini tanpa membaca pertanyaannya. Carilah pola atau struktur yang sangat jelas tidak benar dan eliminasilah pilihan jawaban itu terlebih dahulu. Kemudian kembali ke pertanyaan dan perhatikanlah kesesuaian antar subject dan verb kalimat.

4. Bacalah pertanyaan terlebih dahulu - Masalah terbesar bagi kebanyakan peserta tes pada sesi reading comprehension adalah terbatasnya waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal. Salah satu cara untuk mengehemat waktu Anda adalah dengan membaca semua pertanyaan terlebih dahulu. Setelah Anda membaca semua pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan, Anda dapat melakukan skimming (membaca cepat) untuk mencari informasi yang relevan. Selain itu, banyak pertanyaan di bagian ini adalah pertanyaan kosakata yang hanya menanykan tentang arti dari sebuah kata. Pertanyaan seperti ini seharusnya dapat Anda jawab lebih awal.

5. Jawab semua soal - Akhir kata, Anda tidak seharusnya meninggalkan satu pun jawaban kosong karena dalam tes TOEFL tidak ada pengurangan nilai jika jawaban Anda salah. Jika waktu masih tersedia selalulah periksa ulang jawaban Anda sebelum Anda meninggalkan ruangan tes.

Don't Miss



0 comments:

Post a Comment