Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Jenis Noun (Kata Benda) Belajar TOEFL

Penjelasan dan Jenis Noun (Kata Benda) Belajar TOEFL

Arizona has a very dry climate.
The first Steamship to cross the Atlantic was the Savannah, in 1819.
Chicago is home to more than four million people.
Genes control all of the physical traits that we inherit.

PEMBAHASAN

Nou (kata benda) adalah kata atau kelompok kata yang merujuk pada penyebutan sebuah nama, baik untuk orang, binatang, tempat, perbuatan, sifat, maupun gagasan.

Fungsi Kata Benda

Kata benda (noun) dalam bahasa Inggris memiliki fungsi sebagai subject, object, object of preposition (kata depan: in, at, for, dll), pelengkap subject, dan appositive (keterangan tambahan).

a. Subject
Contoh :
Arizona has a very dry climate.
The first Steamship to cross the Atlantic was the Savannah, in 1819.

Kata Arizona dan Steamship dalam kalimat diatas berperan sebagai subject.

b. object
Contoh :
The Pacific Ocean has the deepest valleys and canyons on the earth.

Ada tiga kata benda pada kalimat di atas: the Pacific Ocean, the deepest valleys, dan canyons. Kata benda the Pacific Ocean berfungsi sebagai subject, sementara kata benda the deepest valleys, dan canyons berfungsi sebagai object.

Tanpa harus mengetahui makna ke dua kata benda tersebut, kita dapat meraba bahwa fungsinya adalah sebagai kata benda. Caranya adalah dengan mengtahui pola-pola kalimat. Pembahasan mendalam tentang pola kalimat akan dibahas pada postingan selanjutnya. Jadi silahkan subscribe (berlangganan).

c. Object dari sebuah kata depan
Contoh :
Genes control all of the physical traits that we inherit.

Fungsi kata benda traits pada kalimat diatas tidak sama dengan fungsi kata benda pada kalimat sebelumnya. Kata traits didahului oleh sebuah kata depan (preposition) of. Oleh karena itu fungsi kata benda disini adalah sebagai object dari kata depan (object of preposition ).

d. Pelengkap subject
Contoh :
Chicago is home to more than million people.

Pada kalimat tersebut ada tiga kata benda: Chicago, home, people. Kata Chicago berfungsi sebagai subject, kelompok kata mulai dari kata home, sampai people, adalah pelengkap subject kalimat tersebut. Kata people yang diawali kata depan to berfungsi sebagai object of preposition (kata depan).


e. Appositive
Appositive adalah kata atau kelompok kata yang menjelaskan, memberi keterangan lebih lanjut, atau menerangkan kata lainnya, biasanya adalah kata benda.
Contoh :
My friend, Imam, is attending a seminar.

Kata Imam berfungsi sebagai appositive berfungsi menjelaskan kata sebelumnya, yaitu my friend.

Jenis Kata Benda

Ada dua jenis kata dalam bahasa Inggris :  Concrete noun dan abstract noun. Berikut penjelasan lengkapnya.

Concrete noun adalah kata benda dengan dimensi nyata dan dikelompokan berdasarkan kelompok katanya masing-masing,yakni :
a. Proper noun
Kelompok Kata yang disebut dengan merujuk pada nama yang melekat padanya, seperti sebutan nama orang atau tempat. Biasanya penulisan jenis kata benda ini selalu diawali dengan huruf besar. Contoh : Husni Mubarak, Pasirkuda, Soreang.
b. Material noun
Kelompok kata benda yang tidak dapat dihitung dan biasanya berupa kekayaan alam. Contoh : Gold, Iron, Water.
c. Collective Noun
Kelompok kata benda yang merujuk pada penyebutan sekumpulan kelompok sesuatu.
Contoh : Club, Class, Committee, dsb.

Abstract Noun adalah kelompok kata benda abstract yang tidak berwujud. Contoh : Preparation, Examination, Coordiantion, dsb.

Tips:
Memahami fungsi kata benda (noun) di dalam kalimat akan membantu Anda menganalisa kesalahan pada soal-soal struktur. Dan Anda pun bisa mendeteksi kehadirannya, baik sebagai subject, object, object of preposition (kata depan), atau pelengkap subject.

Menentukan kata benda dalam soal struktur TOEFL adalah senjata utama guna mengidentifikasi masalah. Jika Anda tidak bisa menentukan kata benda, terutama yang berfungsi sebagai subject, hampir pasti Anda akan seperti petualang yang kehilangan kompas di dalam hutan. Anda tidak tahu dari mana Anda harus mulai menganalisa masalah.

Sumber Utama: Magic TOEFL: 25 Strategi Praktis Menembus 550 ++ oleh Muhammad Yusdi.

Post a Comment for "Fungsi dan Jenis Noun (Kata Benda) Belajar TOEFL"