Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Saturday, October 26, 2013

Apa yang TIDAK Boleh Anda Lakukan Saat Tes TOEFL

Apa yang TIDAK Boleh Anda Lakukan Saat Tes TOEFL

Mempunyai skill speaking bahasa Inggris yang baik tidak berarti Anda pasti mendapatkan skor yang tingggi pada tes TOEFL. Tes TOEFL menguji kemampuan bahasa Inggris Anda dalam setting yang academic dan professional. Tidak hanya harus baik dalam listening, Anda juga mesti baik pada ilmu grammar, vocabulary, dan reading. Fakta membuktikan, kebanyakan yang mendapatkan skor tinggi pada tes TOEFL bukanlah yang mampu speaking dengan baik, melainkan yang mampu writing dengan baik. Hal ini terjadi dikarenakan ketika menulis, Anda membutuhkan talenta yang kuat dalam grammar, vocabulary, dan reading comprehension, yang mana diujikan pada 2 sesi dalam tes TOEFL.

Menyediakan dan me-manage waktu adalah salah satu skill yang sangat penting bagi para calon peserta tes TOEFL. Ketika menjawab soal TOEFL sesi structure and written expression dan reading comprehension, Anda mesti menjawab soal secepat yang Anda bisa. Ketika mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL, gunakan jam tangan Anda untuk memberi batasan waktu kepada diri Anda dalam mengerjakan soal, dan untuk melihat bagian-bagian mana Anda membutuhkan waktu lebih lama yang disesuaikan dengan waktu yang mesti Anda keluarkan setiap soalnya.

Ada beberapa hal yang TIDAK Boleh Anda Lakukan Saat Tes TOEFL
  1. Jangan memilih (membulati) dua jawaban pada lembar jawaban Anda. Jika ia, ke dua jawaban Anda akan dihitung SALAH. Walaupun salah satu jawaban Anda benar.
  2. Jika Anda mengubah jawaban Anda, perhatikan untuk menghapus jawaban Anda yang pertama (sebelumnya) dengan bersih.
  3. Jangan pernah kosongkan jawaban Anda. Tidak ada pengurangan nilai jika Jawaban Anda salah.
  4. Jangan menulis apapun pada lembar jawaban Anda kecuali yang diminta pada tes. Lembar jawaban TOEFL Anda diperiksa oleh mesin yang hanya mampu membaca garisan pensil 2B (bulatan). Jika Anda menulis di lembar jawaban Anda, mesin itu bisa saja akan bingung dengan jawaban Anda, dan tidak akan diberi nilai untuk jawaban Anda yang benar.
  5. Fokus! Jangan menggunakan waktu Anda untuk hal yang lain. Anda mempunyai batasan waktu yang sangat sedikit untuk menjawab soal.
  6. Ketika menjawab soal sesi structure and written expression dan reading comprehension, Anda tidak perlu menjawabnya secara berurutan. Mulailah dengan soal yang Anda anggap lebih mudah. 
  7. Jangan pernah berpikir untuk menyontek. ETS, pembuat soal tes TOEFL, telah mengantisipasi akan hal ini. 
Source: TOEFL Test Strategies (Barron's) by Eli Hinkel, Ph.D.

Don't Miss



0 comments:

Post a Comment