Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Tuesday, September 24, 2013

Bagaimana Bentuk Soal TOEFL ITP?

Bagaimana Bentuk Soal TOEFL ITP?

Tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program) saat ini sangat umum digunakan di Indonesia. TOEFL ITP digunakan sebagai persayaratan untuk mendaftar beasiswa dalam wilayah Indonesia termasuk program beasiswa seperti Fulbright Foreign ProgramFord Foundation International Fellowship ProgramPRESTASIAustralian Development ScholarshipsStuNedDAAD (German Academic Exchange Service), dan program beasiswa dari lembaga pemerintah seperti SPIRIT—BAPPENAS dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Setelah lulus pada jenis beasiswa yang telah disebutkan, biasanya para peserta akan mengikuti tes TOEFL iBT -internet-Based Test / tes berbasis Internet- sebagai persyaratan bisa diterima di universitas luar negeri. Tes TOEFL iBT tentu saja sangat berbeda dengan tes TOEFL ITP. Tingkat kesulitan tes TOEFL iBT jauh di atas tes TOEFL ITP.

Pada tulisan ini kami akan membahas bagaimana bentuk soal TOEFL ITP. Untuk bentuk soal TOEFL iBT akan kami bahas selanjutnya.

Bentuk Soal TOEFL ITP

And akan menemui tiga bentuk pertanyaan: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension

Listening Comprehension

Seperti soal-soal section lainnya (Structure and Written Expression dan Reading Comprehension), soal dari Listening Comprehension berbentuk multiple choice (pilihan ganda). Listening Comprehension section menguji kemampuan Anda dalam memahami percakapan berbahasa Inggris.

Umumnya Listening Comprehension terdiri dari 50 soal. Anda mempunyai 35 menit untuk menjawab ke 50 soal dalam sesi ini. Anda harus menyimak percakapan yang diputar melalui tape dengan baik karena hanya akan diperdengarkan satu kali.

Dalam Listening Comprehension section terdapat tiga bentuk pertanyaan. Bentuk pertama disebut sebagai Listening Part A. Bagian soal ini terdiri dari 30 percakapan pendek, setiap percakapan diikuti satu soal.

Bentuk ke dua dari sesi Listening Comprehension section yaitu Listening Part B. Bentuk soal ini terdiri dari 2 percakpan yang panjang. Setiap percakpan panjang ini umumnya diikuti empat soal.

Bentuk ke tiga dalam Listening Comprehension section yaitu Listening Part C. Bentuk soal ini terdiri dari tiga talk (dosen menjelaskan dalam kelas perkuliahan). Setiap talk umunya diikuti empat soal.

Untuk membantu Anda menguasai dan menjawab soal-soal Listening Comprehension Section dengan baik, kami telah menyusun silabus pelajaran yang akan Anda temukan dalam website Pusat TOEFL. Di bawah ini topik-topik yang akan kami posting satu per satu dalam menu Belajar Listening Comprehension  untuk TOEFL Test.

Structure and Written Expression

Structure and Written Expression section menguji kemampuan Anda dalam mengenal kalimat-kalimat bahasa Inggris secara benar berdasarkan standar grammar yang formal. Anda mesti melengkapi kalimat dan menemukan error (kesalahan) dalam kalimat. 

Umumnya Structure and Written Expression section terdiri dari 40 soal. Anda mempunyai 25 menit untuk menjawab ke 40 soal dalam sesi ini. 

Dalam Structure and Written Expression section terdapat dua bentuk pertanyaan. Pertama yaitu structure yang terdiri dari 15 butir soal (1-15). Lihat contoh di bawah.

1. Geysers have often been compared to volcanoes _______ they both emit hot liquids from below the Earth's surface.
(A) due to
(B) because
(C) in spite of
(D) regardless of
Kalimat ini seharusnya, "Geysers have often been compared to volcanoes because they both emit hot liquids from below the Earth's surface." Olehnya Anda harus memilih jawaban B.

2. During the early period of ocean navigation, ________ any need for sophisticated instruments and techniques.

(A) so that hardly
(B) where there hardly was
(C) hardly was
(D) there was hardly
Kalimat ini seharusnya, "During the early period of ocean navigation, there was hardly any need for sophisticated instruments and techniques." Olehnya Anda harus memilih jawaban D.

Bentuk ke dua  yaitu written expression. Bentuk soal ini terdiri dari 25 soal (16-40). Lihat contoh soal:
gambar contoh menjawab sesi ke dua toefl structure
Untuk membantu Anda menguasai dan menjawab soal-soal Structure and Written Expression Section dengan baik, kami telah menyusun silabus pelajaran yang akan Anda temukan dalam website Pusat TOEFL. Silahkan ke menu Belajar Structure and Written Expression untuk TOEFL Test untuk mempelajari skill yang mesti Anda kuasai sebagai persyaratan

Reading Comprehension

Reading Comprehension section menguji kemampuan Anda dalam memahami percakapan berbahasa Inggris.

Umumnya Reading Comprehension terdiri dari 50 soal. Anda mempunyai 55 menit untuk menjawab ke 50 soal dalam sesi ini. 

Dalam Reaing Comprehension section terdapat dua bentuk pertanyaan. Bentuk pertama yaitu Reading Comprehension. Pertanyaan dalam bentuk ini bermacam-macam termasuk ide pokok bacaan, pertanyaan informasi secara tersurat, pertanyaan informasi tersirat. Bentuk ke dua yaitu terkait Vocabulary. Anda diminta untuk mengidentifikasi arti-arti vocabulary dalam bacaan.

Untuk membantu Anda menguasai dan menjawab soal-soal Reading Comprehension Section dengan baik, kami telah menyusun silabus pelajaran yang akan Anda temukan dalam website Pusat TOEFL. Di bawah ini topik-topik yang akan kami posting satu per satu dalam menu Belajar Reading Comprehension untuk TOEFL Test.

Don't Miss



0 comments:

Post a Comment