Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Verb yang Membingungkan dan Menyusahkan

Beberapa Verb yang Membingungkan dan Menyusahkan

Dalam bahasa Inggris ada beberapa kata kerja (verb) yang umum ditemukan. Namun karena kemiripan bentuk kata, pengucapan (pronunciation) atau makna beberapa kata kerja itu menjadi membingungkan bagi para pelajar bahasa Inggris. Contoh verb yang menyusahkan itu ialah raise-raised-raised, rise-rose-risen, set-set-set, sit-sat-sat, shine-shined shined, shine-shone-shone, lay-laid-laid, lie-lay-lain, hang-hung-hung, hang-hanged-hanged.

Cara membedakan perbedaan setiap verb di atas dengan mengelompokkannya dalam kolom transitive (kata kerja membutuhkan object) dan intransitive verb (kata kerja tidak membutuhkan object).

Perbedaan raise-raised-raised dan rise-rose-risen
  • Verb raise-raised-raised bermakna mengangkat, menaikkan. Verb ini masuk dalam ketegori trinsitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object.
    Contoh kalimat: Ther farmer raises vegetables.
  • Verb rise-rose-risen bermakna naik, terbit, muncul. Verb ini masuk kategori intransitive verb atau kata kerja yang tidak membutuhkan object.
    Contoh Kalimat: The sun rises in the east.
Perbedaan set-set-set dan sit-sat-sat
  • Verb set-set-set bermakna menaruhkan, meletakkan, memasang, menyetel, terbenam (intransitive). Verb ini bisa masuk dalam ketegori trinsitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object dan juga masuk kategori intransitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object.
    Contoh kalimat: I will set the book on the front now (transitive). dan The sun sets in the west (intransitive).
  • Verb sit-sat-sat bermakna duduk. Verb ini masuk kategori intransitive verb atau kata kerja yang tidak membutuhkan object.
    Contoh Kalimat: I sit in the front now .
Perbedaan shine-shined shined dan shine-shone-shone
  • Verb shine-shined shined bermakna mengkilapkan, mengilaukan. Verb ini masuk dalam ketegori trinsitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object dan juga masuk.
    Contoh kalimat: I shined my shoes.
  • Verb shine-shone-shone bermakna bersinar, bercahaya, mengkilap. Verb ini masuk kategori intransitive verb atau kata kerja yang tidak membutuhkan object.
    Contoh Kalimat: The sun shone through the window.
Perbedaan lay-laid-laid dan lie-lay-lain
  • Verb lay-laid-laid bermakna menaruh, meletakkan, berbohong (intransitive). Verb ini bisa masuk dalam ketegori trinsitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object dan juga masuk kategori intransitive verb atau kata kerja tidak yang membutuhkan object.
    Contoh kalimat: I am laying the book on the desk (transitive) dan He lied to me about his age (intransitive).
  • Verb lie-lay-lain bermakna berbaring. Verb ini masuk kategori intransitive verb atau kata kerja yang tidak membutuhkan object.
    Contoh Kalimat: He is lying on his bed..
Perbedaan hang-hung-hung dan hang-hanged-hanged
  • Verb hang-hung-hung bermakna mengantung(kan). Verb ini masuk dalam ketegori trinsitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object.
    Contoh kalimat: I hung my clothes in the closet. 
  • Verb hang-hanged-hanged bermakna menggantung di tiang gantungan. Sepertin hang-hung-hung verb ini juga masuk kategori transitive verb atau kata kerja yang membutuhkan object.
    Contoh Kalimat: They hanged the criminal by the neck until he was dead.

Post a Comment for "Beberapa Verb yang Membingungkan dan Menyusahkan"