Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Sunday, August 11, 2013

7 Strategi Mengurangi Tekanan Stres Menghadapi Test TOEFL

7 Strategi Mengurangi Tekanan Stres Menghadapi Test TOEFL

Telapak tangan Anda berkeringat, Anda bernafas dengan lebih cepat, dan detak jantung Anda berdetak lebih kencang. Banyak pelajar yang ingin mengikuti tes TOEFL mengalami gejala-gejala umum ini -tanda-tanda adanya tekanan (stress). Akan tetapi, dengan membuat rencana pembelajaran yang baik dan melakukan tindakan yang kongkrit untuk mengurangi tekanan sebelum ujian, Anda tentu saja bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi ujian TOEFL.

Jagalah tingkat stres Anda. Catat faktor-faktor apa saja dalam hidup Anda yang membuat Anda mengalami stres, baik itu terkait masalah keluarga, pekerjaan, maupun masalah dalam lingkungan sekolah atau kampus Anda. Usahakan Anda dapat mengatasi masalah-masalah yang dapat mengganggu waktu belajar Anda dalam mempersiapkan diri Anda menghadapi ujian TOEFL nantinya. Misal saja, Anda tidak bisa belajar dengan tenang di rumah Anda dikarenakan rumah Anda begitu ramai dan ribut. Olehnya Anda mesti mencari tempat yang lebih tenang, Anda boleh saja ke perpustakaan atau ke rumah teman Anda. Dengan mengambil tindakan-tindakan spesifik tentu saja dapat mengurangi tingkat stres Anda. Akhirnya Anda dapat merasa lebih relaks ketika Anda duduk di kursi ujian TOEFL Anda nantinya. Berikut 7 strategi mengurangi tekanan stres menghadapi test TOEFL dengan baik.

1. Jaga waktu tidur Anda. Kebanyakan dari kita membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur pada malam hari. Kekurangan tidur dapat membuat Anda kurang mampu mengatasi tingkat stres Anda, kurang mampu untuk berkosentrasi dengan baik, dan tentu saja cenderung untuk tidak mampu menjawab soal TOEFL dengan baik. Jika Anda mengalami masalah untuk bisa tertidur dengan cepat, cobalah beberapa tips di bawah ini:
■ Buatlah jadwal secara teratur. Tidur dan bangunlah pada jam yang sama setiap harinya.
■ Mandilah secara teratur dan bacalah buku. Biasanya Anda akan mengalami kantuk ketik Anda sedang membaca buku.
■ Jauhi kafein setelah makan siang (kopi, teh, cola, dan cokelat yang mengandung kafein).
■ Berolahraga di pagi hari (setidaknya dua sampai empat jam sebelum jam tidur Anda). Tubuh yang lelah akan membutuhkan lebih banyak tidur.

2. Makan dan olahraga yang cukup. Nutrisi yang baik dan olahraga secara teratur merupakan dua hal yang penting untuk membuat Anda tetap sehat. Hindarilah makanan yang mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi, snack / makanan ringan dan daging kurang nutrisi. Sebagai pengganti dari kue donat, keripik kentang, atau biskuit, Anda sebaiknya meminum yogurt yang rendah lemak, jus buah, atau wortel. Berjalan dengan cepat dapat memperbaiki mood Anda, mengurangi tingkat stres Anda, dan meningkatkan energi Anda.

3. Study. Dengan belajar yang baik Anda akan merasa tenang dan percaya diri ketika Anda menuju ke ruang tes TOEFL nantinya. Jika Anda merasa terlambat untuk memulai, Anda sebaiknya tidak mempedulikan hal itu. Bukankah "terlambat lebih baik dari pada tidak sama sekali (better late than never)." Olehnya mulailah untuk mengatur jadwal belajar Anda dengan baik.

4. Be prepared. Situasi baru bisa membuat seseorang merasa gugup. Cari tahulah lebih awal terkait alamat, kondisi, situasi dari institusi tempat Anda akan mengerjakan tes TOEFL. Cari tahu juga jalur yang mesti Anda lalui ke institusi itu. Persiapkanlah semua alat yang Anda butuhkan untuk tes TOEFL termasuk pensil 2B, papan ujian, tisu, dan lainnya pada malam hari sebelum hari ujian. Gunakan situs Pusat TOEFL untuk belajar tentang format ujian TOEFL dan apa saja jenis pertanyaan yang akan diujikan pada ujian TOEFL nantinya. Jika Anda punya persiapan yang lebih baik, maka skor TOEFL yang lebih baik menanti Anda.

5. Create realistic goals. Buatkanlah poin-poin lebih spesifik dari tujuan besar Anda agar lebih mudah untuk diselesaikan satu per satu dan lebih nampak sebagai tujuan yang realistik. Dibanding Anda mengatakan kepada diri Anda tentang apa yang seharusnya Anda lakukan, lebih baik Anda langsung mengerjakan apa yang bisa Anda kerjakan. Ingatlah bahwa ujian TOEFL memang adalah tes yang penting, tapi jangan melupakan bagian-bagian kehidupan penting lainnya dalam hidup Anda.

6. Berpikirlah dengan positif. Bayangkanlah diri Anda sedang duduk menjawab setiap soal TOEFL di depan Anda dengan tenang dan baik. Jika Anda percaya bahwa Anda dapat melakukannya, maka Anda pasti Anda dapat mencapainya.

7. Reward yourself. Berikan hadiah pada diri Anda sendiri selama persiapan untuk ujian TOEFL. Hal ini dapat membuat diri Anda lebih termotivasi. Buatlah hadiah-hadiah yang realistik sebagai penghargaan atas usaha Anda dalam mengikuti jadwal belajar TOEFL dengan baik.

Referensi Utama: TOEFL® EXAM ESSENTIALS Learning Express.

Don't Miss



0 comments:

Post a Comment