Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Thursday, July 25, 2013

Apa yang Diujikan dalam Test TOEFL ITP?

Apa yang Diujikan dalam Test TOEFL ITP?

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) menjadi salah satu tes sangat diincar oleh kalangan pelajar di Indonesia. Baik bagi para pemburu beasiswa atau pun bagi pencari lowongan pekerjaan yang mensyaratkan standar skor TOEFL tertentu, juga bagi para calon mahasiswa pascasarjana. Tulisan ini paling tida dapat memberi Anda penjelasan terkait bagaimana bentuk tes TOEFL ITP itu, jenis-jenis tes, sesi-sesi / skill yang diujikan, durasi ujian, dan paling utama terkait apa yang diujikan dalam test TOEFL ITP.

TOEFL ® ITP adalah tes yang menggunakan kertas dan pensil 2B (bulatan), menggunakan sistem pilihan ganda (multiple choice). Konten pada tes TOEFL 100% terkait bahasa Inggris akademik. Dalam artian bahwa kosakata yang digunakan dalam tes TOEFL semuanya terkait kosakata yang biasa digunkan pada lingkungan akademik. Ada 3 sesi yang diujikan pada tes TOEFL ITP: Listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension.

Listening comprehension merupakan sesi pertama dari tes TOEFL ITP. Sesi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam memahami bahasa Inggris lisan seperti yang digunakan di perguruan tinggi dan universitas di Amerika.
Structure and written expression mengukur kecakapan individu dalam mengenal aturan-aturan grammar dan structure yang sesuai dengan standar penulisan bahasa Inggris.
Reading comprehension mengukur kemampuan individu dalam membaca dan memahami bahan bacaan akademis.

Lihat gambar daftar sesi diujikan pada tes TOEFL ITP di bawah:
Gambar daftar sesi diujikan pada tes TOEFL ITP
Gambar daftar sesi diujikan pada tes TOEFL ITP
Gambar di atas menunjukkan ada dua tingkatan pada tes TOEFL ITP. Yang pertama diperuntukkan bagi level menengah ke tingkat mahir. Bentuk inilah yang umum digunakan di Indonesia. Jadi, jika ada penyedia beasiswa atau institusi manapun yang mensyaratkan skor TOEFL, maka yang dimaksud adalah skor TOEFL yang jeni pertama ini.

Sementara jenis ke dua TOEFL ITP yaitu bagi pelajar yang kemampuannya masih belum sampai level mahir. Di buku TOEFL yang beredar di Indonesia jenis ini dapat ditemukan di buku Cambridge Preparation for the TOEFL Test yang ditulis oleh Robert Gear.

Terkait lama atau durasi mengerjakan tes TOEFL, TOEFL ITP yang umum diselenggarakan di Indonesia menghabiskan waktu selama 2 jam. Sedangkan tes TOEFL ITP yang bentuk ke dua hanya berkisar 1 jam 10 menit.

Jenis topik yang diujikan pada tes TOEFL ITP

Topik Akademik
Seni: seni rupa, kerajinan, teater, tari, arsitektur, sastra, musik, film, fotografi.
Humaniora: sejarah, ilmu politik, pemerintah, filsafat, hukum.
Life Sciences: paleontologi, biokimia, perilaku hewan, ekologi, anatomi, fisiologi, genetik, kesehatan ilmu pengetahuan, biologi, pertanian.
Ilmu Pengetahuan Fisika: geologi, astronomi, kimia, geologi, ilmu bumi, teknik, meteorologi, energi, teknologi, oseanografi, fisika.
Ilmu Sosial: antropologi, sosiologi, pendidikan, geografi, arkeologi, psikologi, ekonomi, bisnis, manajemen, pemasaran, komunikasi.

Topik Kehidupan Kampus
Kelas: jadwal kelas, kelas persyaratan, referensi perpustakaan, tugas (makalah, presentasi, pembacaan), profesor, belajar, kunjungan lapangan.
Kampus administrasi: pendaftaran, perumahan dan mematikan kampus, belajar di luar negeri, magang, kebijakan universitas.
Kegiatan Kampus: klub, komite, kegiatan sosial.

Topik Umum
Bisnis: manajemen, kantor, dokumen resmi, hukum.
Lingkungan: cuaca, alam, iklim, lingkungan.
Makanan: jenis makanan, restoran.
Bahasa dan komunikasi: surat, email, telepon digunakan, meninggalkan pesan, permintaan informasi.
Media: TV, koran, internet.
Obyek: deskripsi benda, peralatan.
Personal: anggota keluarga, teman, kesehatan, emosi, karakteristik fisik, rutinitas sehari-hari.
Perencanaan dan manajemen waktu: peristiwa masa depan, undangan, jadwal pribadi.
Pembelian: pakaian, belanja, perbankan, uang.
Rekreasi: olahraga, permainan, konser, drama, seni, buku, fotografi, musik, pesta dan pertemuan, kuliah umum.
Perjalanan, mengemudi, parkir, transportasi umum, perjalanan pemesanan: Transportasi.
Tempat Kerja: melamar pekerjaan, pekerjaan di kampus, jadwal kerja.

Kenali lebih jauh terkait Apa itu TOEFL ITP? Kapan Digunakan, Untuk Apa Saja?.

Referensi utama: situs resmi penyelenggara te TOEFL-ETS (Educational Testing Service).

Don't Miss