Semua ebook dalam website ini tidak berbayar. Jika ada link yang meminta bayaran atau ada link yg error mohon sampaikan ke kami dengan memberi komen di kolom komentar beserta link postingan kami yg bermasalah. Terimakasih banyak.

Tuesday, July 16, 2013

6 Tips Meningkatkan Vocabulary TOEFL Anda

6 Tips Meningkatkan Vocabulary TOEFL Anda

Meningkatkan perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris adalah cara yang paling utama dalam mempersiapkan diri Anda menghadapi hari ujian TOEFL nantinya. Selain mengembangkan kosa kata bahasa Inggris yang baik, adalah juga sangat esensial untuk mengetahui jenis kosa kata yang diujikan dalam tes TOEFL. Anda boleh mendapatkan info vocabulary yang harus Anda hafal sebelum tes TOEFL dalam situs Pusat TOEFL ini. Vocabulary dalam TOEFL 100% berlatar akademik, latar belakang kampus. Hal ini wajar saja mengingat tes TOEFL diadakan dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris seorang individu yang nantinya akan digunakan dalam ruang lingkup universitas Amerika, yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Melalui tulisan tentang 6 tips meningkatkan vocabulary TOEFL Anda yang sedang Anda baca ini sekiranya dapat membantu Anda mengasah kosa kata Anda demi skor TOEFL yang lebih tinggi.

READ A LOT

Salah satu cara terbaik untuk membangun kosakata Anda adalah dengan membaca materi bahasa Inggris yang otentik. Otentik dalam artian bacaan itu ditulis oleh orang native berbahasa Inggris asli. Anda harus membaca materi bacaan bersifat akademisi atau bacaan yang seorang mahasiswa di universitas Amerika akan membacanya. Contoh bacaan tersebut boleh berbentuk koran, buku teks perguruan tinggi, artikel ensiklopedia, majalah, dan buku-buku akademis. Apa pun jenis tema bacaan akademik yang Anda baca akan membantu Anda terbiasa dengan jenis kata dan gaya tulisan yang Anda akan temukan pada tes TOEFL. Membaca artikel tentang berbagai topik yang menarik bagi Anda akan membantu Anda meningktatkan kosakata Anda.

MAKE FLASH CARDS

Saat Anda membaca, Anda akan menemukan kata-kata baru. Salah satu cara yang baik untuk belajar kosa kata adalah dengan membuat kartu flash. Gunakan kartu kecil yang terbuat dari kertas tebal, seperti kartu indeks. Kartu flash sebaiknya cukup kecil untuk muat di saku Anda. Di sisi satu tulislah kata baru yang Anda dapatkan dalam bacaan Anda,dan di bagian lainnya tulislah sinonim kata itu. Anda juga boleh saja mencatat arti kata. Review-lah kartu flash itu sesering mungkin.
FLASH CARDSKosa kata Anda akan meningkat dengan baik. Jangan khawatir jika Anda hanya sekedar menghafal kosa kata tersebut tanpa mampu menggunakannya dalam speaking. Dengan berjalannya waktu, kosa kata-kosa kata itu akan menjadi kosa kata aktif bagi Anda, yang nantinya bisa Anda gunakan dalam comunicative form. Kemampuan Anda untuk menggunakan kata-kata baru ini dalam spekaing tidaklah sepenting dengan kemampuan Anda untuk memahami arti dari kosa kata-kosa kata itu.


MAKE WORD LISTS

Cara lain untuk meningktkan vocabulary Anda boleh dengan membuat daftar kata. Banyak siswa menggunakan catatan-catatan kecil berisikan daftar kosa kata baru. Bila Anda menemukan kata baru, tambahkan ke catatan daftar kosa kata Anda. Di sisi satu tulislah daftar kata baru yang Anda dapatkan,dan di bagian lainnya tulislah sinonim dari kata-kata itu. Pelajari kata-kata itu dengan memperhatikan sinonim-nya, melihat kata baru itu, dan mengingat-ingat kembali sinonim-nya. Hal ini akan mengasah kosa kata Anda baik sinonim kata maupun kosa kata yang baru Anda list itu.

LEARN WORDS FROM OLD TOEFL 

Pelajari kata-kata yang telah diuji pada tes TOEFL sebelumnya. Kata-kata yang diujikan pada tes TOEFL sebelumnya biasanya akan kembali diujikan, tapi pilihan jawabannya tidak akan sama dengan pilihan jawaban dari tes sebelumnya. Anda dapat menemukan kata-kata itu pada soal-soal TOEFL yang pernah diujikan. Gunakanlah flash card atau word list untuk menghafal kosa kata- kosa kata itu. Soal-soal TOEFL bisa Anda dapatkan pada situs resmi penyedia tes TOEFL.

LEARN PREFIXES, SUFFIXES, AND WORD ROOTS,

Gunkanlah buku-buku TOEFL yang terdapat bentuk-bentuk imbuhan kata bahasa Inggris yang kiranya dapat memudahkan Anda mengidentifikasi jenis-jenis kata dan cara memaknai pola tertentu kosa kata bahasa Inggris.

LEARN TO USE A THESAURUS

Akrabkanlah diri Anda dengan kamus-kamus bahasa Inggris terutama kamus thesaurus. Thesaurus adalah kamus sinonim. Bila Anda menemukan kata yang Anda tidak tahu, carilah di kamus thesaurus. Catatlah sinonim kosa kata itu pada flash card atau word list Anda. Jika Anda telah menemukan sinonim suatu kata baru tapi masih juga tidak mengetahui artinya, gunakanlah kamus yang memuat makna kosa kata tersebut boleh kamus bahasa Inggris-Inggris atau Inggris-Indonesia. Jika Anda tidak dapat menemukan kosa kata dalam thesaurus, maka kosa kata itu tidak akan diuji pada tes TOEFL. Tes TOEFL hanya mengujikan kata-kata yang memiliki berbagai sinonim.

Referensi: Barron's Essential Words for the TOEFL

Don't Miss



1 comments:

PPOB said...

boleh di coba nih, semoga metodenya cocok dengan saya. thx b4

Post a Comment